Entri Populer

Rabu, 09 Januari 2013

99% Malware Mobile Sasar Android



alt      Sebanyak 99% program mobile jahat yang baru lebih memilih Android sebagai target serangan utama. Sementara sisanya menyasar Java dan smartphone berbasis Symbian. Demikian laporan Kaspersky Security Bulletin 2012 yang baru diterbitkan.
Tahun 2012 menjadi tahun kedua pesatnya pertumbuhan malware Android. Dari 8 program jahat unik baru pada Januari 2011, jumlah temuan malware Android pada 2011 secara rata-rata per bulan naik menjadi lebih dari 800 sampel.
Pada 2012 jumlah malware semakin meningkat. Kaspersky Lab rata-rata mengidentifikasi 6.300 sampel malware mobile baru per bulan. Secara keseluruhan, pada 2012 jumlah sampel jahat Android yang berhasil diketahui meningkat lebih dari 8 kali lipat.
Berdasarkan fungsionalitas, mayoritas malware Android bisa dibagi ke dalam 3 kelompok utama, yaitu Backdoor, SMS Trojan dan Spyware. Pada paruh pertama 2012, Backdoor, SMS Trojan dan Spyware secara keseluruhan menyumbang 51% dari seluruh malware Android baru yang ditemukan. 

Dalam daftar Top 10 malware Android yang diblokir oleh Kaspersky Mobile Security atau Kaspersky Tablet Security, SMS Trojan adalah malware yang paling luas penyebarannya, sementara aplikasi yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan berada di tempat kedua. Trojan dengan penyebaran yang lebih sedikit namun lebih membahayakan adalah mobile banking Trojan yang biasanya bekerja berbarengan dengan Trojan desktop, misalnya seperti pada kasus Carberp-in-the-Mobile. Pasalnya, platform Android memungkinkan penginstalan software dari sumber yang tidak tepercaya. 

Trojan FakeRun Android, merupakan salah satu malware yang paling luas penyebarannya di Amerika Serikat. Trojan ini bagian dari keluarga besar aplikasi palsu (dummy application) yang menampilkan iklan yang menghasilkan uang bagi pembuatnya. Sebuah program jahat yang dikenal dengan nama Trojan.AndroidOS.FakeRun.a yang muncul di Google Play memaksa pengguna untuk memberikan rating bintang lima dan meneruskan informasi mengenai aplikasi ini melalui Facebook mereka, bahkan sebelum Trojan ini bekerja. 

Salah satu Trojan mobile paling populer di Eropa adalah Trojan.AndroidOS.Plangton.a. Bagi pemilik atau pengguna awam smartphone satu-satunya bukti kehadiran Trojan ini adalah iklan yang selalu muncul dan beberapa entry tak dikenal pada bookmark browser web Android. Setelah menginfeksi, Trojan terhubung ke server command (command and control, C&C) dan memodifikasi pilihan favorit pada situs serta membuka halaman web yang menggiring pengguna ke penipuan online.

Lanskap mobile internet di Rusia dibanjiri oleh Trojan SMS, yaitu program jahat yang mengirim SMS ke nomor premium yang sebenarnya adalah pencurian uang korban. Sebagai contoh,Trojan-SMS.AndroidOS.Opfake.bo yang menyamarkan diri sebagai sebuah interface skin, namun nyatanya membuat korban berlangganan (subscribe) konten premium yang sangat mahal.