Entri Populer

Minggu, 13 Januari 2013

Mengetahui Aturan Dasar Penamaan Domain


Memilih nama domain yang tepat untuk perusahaan Anda sangatlah mempengaruhi masa depan perusahaan Anda di Internet. Namun sebelum mulai mencari nama domain yang tepat untuk website Anda atau perusahaan Anda, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu aturan dasar penamaan domain.

domain name

Beberapa aturan dasar pada nama domain :
  • Pemakaian huruf besar (kapital) atau huruf kecil (normal) tidak berpengaruh.
  • Nama domain hanya dapat mengandung karakter alpha-numeric (0-9, A-Z) dan tanda minus (-). Nama domain tidak dapat diawali atau diakhiri dengan tanda minus, jadi tanda minus hanya dipakai di tengah nama.
  • Panjang maksimum nama domain adalah 63 karakter, tidak termasuk 4 karakter pada TLD (.com .net .org).
  • Beberapa registrar tidak memperbolehkan penggunaan numeric (0-9) pada awal nama domain.
Sebagai catatan, nama domain dapat Anda daftarkan dan Anda miliki sebanyak mungkin selama nama domain tersebut masih tersedia dan belum dibeli/didaftarkan oleh orang lain. Nama domain itu sebenarnya tidak Anda "beli", mungkin lebih tepatnya Anda sewa. Ini berhubung pendaftaran nama domain itu dihitung per tahun. Jika Anda mendaftarkan sebuah nama domain, maka nama domain tersebut tetap menjadi milik Anda selama Anda terus memperpanjangnya. Apabila nama domain Anda tersebut telah expired (jatuh tempo) dan Anda tidak memperpanjangnya, maka nama domain tersebut dapat lepas ke umum dan didaftar/dimiliki oleh orang lain.

Sumber